-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITASOLO.COM | Berita Solo Terbaru, Berita Solo Terkini Hari Ini
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Follow us on

    Tingkatkan Nasionalisme dengan Aksi Jumat Bersih

    BeritaSolo.com
    Jumat, 09 Agustus 2024, 14:03 WIB Last Updated 2024-08-09T07:03:23Z

    BERITA SOLO | PEMALANG — Pemalang dalam Semarak Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 pada tahun 2024 akan dirayakan dengan berbagai kegiatan, tidak hanya di tingkat nasional, tetapi dilaksanakan secara merata di berbagai tingkat masyarakat. 

    Ada banyak kegiatan yang memperkuat rasa nasionalisme dan semangat kebangsaan, salah satunya adalah Jumat Bersih. Jumat Bersih adalah sebuah gerakan sukarela membersihkan lingkungan yang awalnya dimulai oleh warga muslim sebagai aksi mempersiapkan hari Jumat untuk shalat, dan sekarang berkembang menjadi sebuah gerakan yang diikuti oleh berbagai kalangan, Jumat(9/8/2024).

    Di seluruh Indonesia, Jumat Bersih telah terbukti efektif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan yang bersih dan sehat. Namun, Jumat Bersih juga bisa menjadi momentum untuk memperkuat rasa nasionalisme, apalagi jika dilakukan di tempat-tempat yang memiliki nilai sejarah dan patriotik tinggi, seperti monumen tugu pahlawan dan makam pahlawan.

    Pagi ini, anggota Koramil 04/Comal dipimpin Serka Wahyu  bersama warga dan perangkat kelurahan Purwoharjo melakukan aksi Jumat Bersih dengan membersihkan monumen tugu pahlawan dan makam pahlawan yang berada di wilayah Dusun Posongan Kelurahan Purwoharjo, Kecamatan Comal. 

    Aksi ini sangat bermakna, karena selain memperkuat semangat nasionalisme dan kebangsaan, juga memberikan apresiasi kepada para pahlawan yang telah berjuang bagi kemerdekaan Indonesia.

    Aksi Jumat Bersih di monumen tugu pahlawan dan makam pahlawan bisa meningkatkan rasa nasionalisme karena selain sebagai tanda penghormatan kepada para pahlawan, juga menjadi sarana edukasi bagi masyarakat, terutama generasi muda, tentang sejarah perjuangan bangsa untuk meraih kebebasan. 

    Hal ini penting karena semakin banyak masyarakat yang mengenal sejarah bangsanya, maka semakin besar rasa nasionalisme dan semangat kebangsaan yang ada di dalam dirinya.

    Serka Wahyu menyampaikan, "Kita bisa mengambil pelajaran dari aksi Jumat Bersih di monumen tugu pahlawan dan makam pahlawan ini, agar supaya mendorong masyarakat untuk melakukan hal yang serupa di tempat-tempat bersejarah lainnya di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, marilah kita tingkatkan semangat nasionalisme dengan aksi Jumat Bersih, dan memperkuat rasa cinta tanah air, karena hanya dengan semangat nasionalisme yang tinggi, kita bisa memajukan negara dan menjaga Indonesia tetap merdeka dan sejahtera," pungkasnya. (rl/himawan)
    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru